27 Desain Kamar Mandi Rumah Minimalis

Desain Kamar Mandi Rumah Minimalis. Salah satu ruangan primer yang wajib ada dalam sebuah rumah adalah kamar mandi. Desain kamar mandi bisa menjadi ruangan untuk bersantai selain kamar tidur utama. Seseorang bisa menghabiskan banyak waktu di dalam kamar mandi untuk sekedar berendam di bath tub atau mandi dengan shower untuk menyegarkan badan, karena itulah kamar mandi di rumah Anda haruslah memberikan kenyamanan senyaman mungkin. Situasi dan kondisi akan menjadi sedikit lebih sulit jika rumah Anda adalah rumah minimalis dengan desain kamar mandi yang minimalis pula. Area yang sempit dan terbatas memberikan beberapa keterbatasan untuk Anda dalam mendesainnya.

Kamar mandi merupakan salah satu ruangan kecil yang memiliki kepentingan besar dalam sebuah rumah. Tak peduli seberapa mewah dan besar rumah tersebut, kalau tidak ada kamar mandi tentunya akan jadi aneh bukan? Bicara mengenai kamar mandi, hal yang paling penting adalah kebersihan dan kenyamanan. Namun jika bicara mengenai desain dan model kamar mandi saat ini itu adalah fasilitas dan kenyamanan tambahan saja. Desain kamar mandi yang bermacam-macam akan dengan mudah Anda dapatkan dan Anda temukan. Mungkin Anda pernah pergi ke sebuah tempat atau rumah kerabat yang memiliki desain kamar mandi yang berbeda dari rumah Anda. Tak hanya itu, Anda juga akan menemukan model yang berbeda lagi ditempat lain.

Meskipun belakangan ini banyak bermunculan berbagai model kamar mandi yang beragam. Namun saat ini, salah satu desain kamar mandi yang sedang sangat banyak difavoritkan adalah desain kamar mandi minimalis kecil. Desain yang satu ini memang memiliki kelebihan tersendiri. Selain karena memiliki kesederhanaan interior namun tetap berada dalam jajaran desain ruangan yang modern dan kekinian, kamar mandi semacam ini memiliki daya tarik pada ukurannya yang tidak terlalu besar namun tetap bisa dimanfaatkan secara optimal. Tentunya hal semacam ini menjadi daya tarik tersendiri bagi Anda yang kebetulan tidak memiliki lahan cukup luas untuk membuat sebuah kamar mandi baru yang istimewa di rumah Anda. Desainnya yang tidak berlebihan membuat lahan sempit jadi lebih optimal.

27 Desain Kamar Mandi Rumah Minimalis
27 Desain Kamar Mandi Rumah Minimalis

Anda mungkin juga akan sedikit repot jika kamar mandi di rumah Anda berjumlah lebih dari satu, contohnya kamar mandi anak-anak. Anak-anak biasanya akan lebih sulit untuk diajak membersihkan diri mereka saat mandi, Anda harus memutar otak demi mencari ide untuk mendesain kamar mandi anak-anak Anda agar tampak menarik. Desain yang anak-anak minta mungkin akan lebih rumit dari yang dapat Anda bayangkan, apalagi jika mereka meminta untuk menambahkan karakter dan tema kesukaan mereka dalam desain kamar mandi, misalnya tema laut dengan ikan dan pasir pantainya, ataupun mobil dengan area balapnya untuk anak laki-laki.


Contoh Kamar Mandi Untuk Rumah Minimalis


Desain Kamar Mandi Rumah Minimalis


Desain Kamar Mandi Rumah Minimalis


Desain Kamar Mandi Rumah Minimalis


Desain Kamar Mandi Rumah Minimalis


Desain Kamar Mandi Rumah Minimalis


Desain Kamar Mandi Rumah Minimalis


Desain Kamar Mandi Rumah Minimalis


Desain Kamar Mandi Rumah Minimalis


Desain Kamar Mandi Rumah Minimalis


Desain Kamar Mandi Rumah Minimalis


Desain Kamar Mandi Rumah Minimalis


Desain Kamar Mandi Rumah Minimalis


Desain Kamar Mandi Rumah Minimalis


Desain Kamar Mandi Rumah Minimalis


Desain Kamar Mandi Rumah Minimalis


Desain Kamar Mandi Rumah Minimalis


Desain Kamar Mandi Rumah Minimalis


Desain Kamar Mandi Rumah Minimalis


Desain Kamar Mandi Rumah Minimalis


Desain Kamar Mandi Rumah Minimalis


Desain Kamar Mandi Rumah Minimalis


Desain Kamar Mandi Rumah Minimalis


Desain Kamar Mandi Rumah Minimalis


Desain Kamar Mandi Rumah Minimalis


Desain Kamar Mandi Rumah Minimalis


Desain Kamar Mandi Rumah Minimalis


Desain kamar mandi rumah minimalis, baik untuk kamar mandi utama atau kamar mandi anak Anda, bisa dibuat dengan mudah jika didukung dengan ide-ide desain yang bagus. Ide-ide tersebut tidak harus diwujudkan dengan segala sesuatu yang mewah dan mahal, bahkan jika memungkinkan, Anda bisa membuat kreasi Anda sendiri untuk mendekorasi kamar mandi rumah minimalis Anda. Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa Anda ikuti dalam mendesain kamar mandi rumah minimalis.
Baca Juga : 13 Desain Pagar Rumah Minimalis


Tips Desain Kamar Mandi Rumah Minimalis


1. Luas kamar mandi
Kamar mandi rumah minimalis sudah pasti tidak memliki ruang yang cukup luas. Anda harus mulai menentukan tata letak elemen-elemen kamar mandi seperti toilet, shower, bath tub, wastafel, sampai lemari penyimpanan khusus kamar mandi. Jika tidak memungkinkan untuk menempatkan semua elemen tersebut di dalam kamar mandi, Anda bisa mengkombinasikan shower dengan bath tub dalam satu tempat. Bagaimana dengan pintu shower atau bath tub? Cukup gunakan tirai atau korden.

Baca Juga : Desain Rumah Minimalis

2. dinding dan lantai kamar mandi
Bukanlah hal atau sesuatu yang asing lagi jika kamar mandi tipe apapun selalu menggunakan keramik untuk desain lantai dan dinding. Keramik adalah bahan untuk lantai dan dinding yang cukup awet, terutama untuk ruangan yang lembab dan basah seperti kamar mandi. Era modern saat ini menyediakan banyak model keramik dengan desain yang bervariasi, mulai dari desain simple atau sederhana, warna-warni dengan warna terang, ataupun keramik dengan pola yang unik. Selain keramik, desain kamar mandi rumah minimalis yang menarik dapat menggunakan bahan bambu, baik untuk desain lantai bambu atau dinding bambu.

3. Tempat penyimpanan
Kamar mandi adalah ruangan di rumah yang butuh tempat penyimpanan yang cukup, sama halnya seperti dapur. Bagaimana memilih perabotan sebagai tempat penyimpanan di kamar mandi rumah minimalis? Pilih perabotan atau furniture yang punya fungsi serbaguna tapi tetap dapat memberikan Anda ruang lebih untuk bergerak di kamar mandi. Salah satu contoh furniture yang patut dipilih adalah tempat penyimpanan berbentuk tangga. And bisa menggatungkan handuk serta menaruh peralatan dan perlengkapan kamar mandi.


kamar mandi rumah minimalis yang sudah oke dan bagus akan percuma jika tidak diimbangi dengan perawatan yang tepat. Kenali cara yang tepat untuk membersihkan kamar mandi Anda, terlebih lagi jika Anda menggunakan bahan-bahan yang tidak biasa seperti lantai bambu atau kayu. Sama halnya dengan penggunaan stiker dinding, kemungkinan stiker akan mengelupas dengan mudah jika tidak dibersihkan dengan hati-hati. Jika Anda membutuhkan isnpirasi untuk model desain kamar mandi rumah minimalis,


Bagaimana cara mendesain kamar mandi?

Memulai sebuah proyek atau renovasi tidaklah mudah. Berusaha tetap berpegang pada benda-benda yang sudah ada dan sudah dipilih sembari mengikuti panduan biasanya adalah yang terbaik karena dapat menjaga bujet berjalan sesuai rencana. Mulailah dengan memilih skema warna yang anda sukai. Setelah itu anda dapat menyesuaikan elemen lainnya: mulai dari lantai, meja, warna dinding, aksesori dan penerangan. Salah satu tips yang dapat kami berikan adalah rancang kamar mandi bersamaan dengan dapur karena ada beberapa benda yang dibutuhkan di kedua ruang tersebut: wastafel, lantai keramik, meja. Untuk kamar mandi tentu dibutuhkan juga shower, bath tub dsb.

Bagaimana cara mengatur dan menata furnitur kamar mandi?

Terutama jika anda memiliki kamar mandi berdimensi kecil atau terbatas, tugas menatanya bukanlah hal yang mudah, terutama karena standar kerapihan dan kebersihan yang sebaiknya dipenuhi demi kesehatan penghuni rumah. Bersihkan furnitur secara berkala: Furnitur kamar mandi rawan lapuk dan rusak karena kelembapan yang tinggi, rawan terpapar sabun, busa dan zat kimia lainnya. Gunakan lap bersih dan cairan pembersih khusus sembari menjaga furnitur tetap rapi. Singkirkan barang yang tidak berguna: Jika sudah tidak dipakai, segera singkirkan dan jangan tempatkan di tempat lain karena akan menumpuk sehingga kamar mandi akan tidak rapi dan lama kelamaan jadi kotor. Menyimpan benda yang memakan tempat seperti hair dryer, handuk dan benda lainnya di laci juga akan membuat kamar mandi terasa lebih luas. Periksa tempat/ruang penyimpanan yang sudah ada: Apakah ruang penyimpanan sudah digunakan secara efektif atau sudah banyak barang tidak terpakai yang menumpuk? Obat dan krim kadaluwarsa misalnya, sebaiknya segera dibuang. Kembalikan barang yang digunakan pada tempatnya: Benda-benda yang sering dipakai tentu paling sering berserakan karena terkadang tidak dikembalikan pada tempatnya seperti semula. Tetap simpel: Jaga pilihan elemen dekoratif tetap sederhana. Memadu padankan benda-benda yang digunakan seperti tempat sabun, tempat sikat gigi dll membantu menjaga dekorasi tetap sederhana dan serasi.

Skema warna apa yang sebaiknya saya pilih untuk kamar mandi?

Pemilihan warna menjadi suatu keputusan penting saat mendesain setiap ruangan dalam rumah, tak terkecuali kamar mandi. Warna yang tepat dapat menciptakan atmosfer yang tepat dan menciptakan ruangan yang sempurna untuk relaksasi, atau bahkan dengan warna sensual anda dapat beristirahat dengan sempurna dan bermeditasi. Jika anda cenderung memiliki aktifitas padat terutama di pagi hari, maka warna yang dipilih sebaiknya cenderung cerah dan berkesan sejuk untuk membuat anda merasa segar di pagi hari. Sementara warna yang kaya seperti ungu, abu-abu dan pastel dapat memberikan mood yang tepat sebagai awalan hari yang baik. Namun untuk kamar mandi kecil warna terang lebih baik karena ia dapat memberikan ilusi ruang yang lebih luas.

Bagaimana cara memilih lantai dan dinding kamar mandi?

Dinding dan lantai sebaiknya tidak hanya cantik tetapi juga fungsional. Lantai dan dinding kamar mandi harus tahan kelembapan, panas dan noda. Ubin (terutama keramik) adalah pilihan yang baik untuk keduanya, selain itu ia juga memberikan kesan mewah. Untuk kesan rustic atau lebih modern, kayu yang diberi lapisan anti air juga dapat menjadi pilihan yang cantik. Pilihan lainnya yang lebih ekonomis adalah bambu, karena tahan bocor, panas dan kelembapan namun lebih terjangkau di kantong. Banyak pilihan kertas dinding yang anti air, yang anda perlukan hanya memastikan desainer dan kontraktor anda menjelaskan semua opsi yang ada dengan komprehensif.

Bagaimana cara memilih aksesori kamar mandi?

Saat mendesain kamar mandi, seringkali fungsi dinomorduakan. Tapi yang kebanyakan orang belum tahu, adalah bahwa memilih aksesoris yang tepat dapat menentukan kenyamanan rutinitas anda, sehingga penting adanya untuk memilih aksesoris yang tepat sedari awal. Desain yang modern akan lebih cocok dengan pencahayaan yang juga modern dan aksesori geometris, desain industrial akan lebih cocok dengan warna gelap yang mengekspos pipa dan saluran sebagai dekorasi. Seberapa kohesif desain keseluruhan adalah target yang ingin anda capai, karena itu berpegang pada gaya dan warna yang sudah dipilih seharusnya menjadi prioritas anda.

Apa yang harus saya pertimbangkan saat memilih pencahayaan untuk kamar mandi?

Akses ke lampu kamar mandi sebaiknya mudah, pencahayaan pun sebaiknya fungsional dan cukup terang. Namun karena kamar mandi biasanya lebih kecil dari dapur, menentukan pencahayaan yang pas terkadang tidak mudah. Trik yang sebaiknya digunakan adalah mengkombinasikan pencahayaan alami dan buatan, agar pencahayaan maksimal. Sumber cahaya buatan sebaiknya berada di langit-langit atau dinding agar tidak menghalangi jalan dan memakan tempat – keuntungan lainnya adalah agar tidak mengganggu harmoni desain keseluruhan. Jika anda memiliki bath tub maka tempatkan di dekat sumber cahaya alami untuk memberikan efek rileks ekstra dari luar ruangan.

Bagaimana cara mengakali kamar mandi sempit?

Ruangan kecil terkadang lebih sulit ditangani daripada yang besar, tapi sebaiknya tidak menjadi halangan bagi anda untuk mencoba desain yang anda inginkan. Dengan ruangan yang lebih kecil, anda sebagai pemilik rumah hanya perlu berpikir lebih strategis untuk menggunakan pencahayaan dan skema warna yang memberikan ilusi ruangan lebih luas. Cermin dapat menjadi opsi termudah untuk membuat spasial ruang lebih dalam, karena ia merefleksikan cahaya ke seluruh ruang.

Apa yang sebaiknya saya pertimbangkan sebelum merenovasi kamar mandi?

Realistis saja, tentu ini tergantung dari berapa bujet yang anda sediakan. Apakah anda ingin merombak total atau hanya sekedar mengganti cat dan dekorasi seadanya? Mengganti benda dan peralatan lebih besar seperti shower, wastafel atau toilet dapat menjadi proses yang kompleks dan juga mahal. Jika renovasi hanya ditujukan untuk penampilan maka anda dapat beralih fokus kepada detail yang lebih kecil, sekedar untuk menyegarkan penampilan ruang. Perubahan sekecil apapun dapat menghasilkan perubahan dramatis jika dilakukan dengan tepat: misalnya mengganti korden shower, atau mengganti kabinet untuk wastafel. Pencahayaan juga dapat jadi opsi mudah untuk mengganti kesan yang ada sebelumnya.


Semoga informasi 27 model desain kamar mandi rumah minimalis di atas ini bisa jadi referensi yang berguna serta cocok untuk Anda.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment